Cara Mudah Memeriksa Spesifikasi Pada Komputer

Cara Mudah Memeriksa Spesifikasi Pada Komputer – Saat kita sedang menggunakan komputer di kantor ataupun saat kita baru pertama kali membeli komputer, pasti kita ingin mengetahui apa saja spek yang ada di dalamnya. Llau bagimana cara untuk memeriksanya?

Cara Melihat Spesifikasi Komputer

1. Menggunakan Properties

Silahkan Anda buka File Explorer kemudian cari menu “This PC / My Computer”, jika sudah ketemu silahkan klik kemudian pilih “Properties”.

Jika benar hasilnya akan seperti gambar diatas. Akan ada tampilan spesifikasi komputer tentang seri windows, prosesor yang digunakan, RAM, operating system tipe, komputer name, domain, workgroup setting dan lainnya.

Cara Mudah Memeriksa Spesifikasi Pada Komputer

2. Menggunakan System Information

Cara kedua untuk melihat spesifikasi komputer dengan memanfaatkan system information. Silahkan ketikan pada kolom Search Box kata “msinfo”, kemudian nanti akan muncul “System Information” dengan icon monitor berwarna biru. Silahkan langsung saja klik icon tersebut.

Nanti akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah ini, data spesifikasi komputer yang ditampilkan lebih lengkap dari sebelumnya. Anda akan mendapatkan data tentang Hardware Resources, Components dan Software Enviroment. Untuk hasil lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

3. Menggunakan Command Prompt

Cara ketiga Anda harus menggunakan command prompt windows. Caranya seperti sebelumnya dengan menuliskan pada kolom Search Box dengan kata “cmd”, silahkan tunggu hingga muncul pop-up command prompt.

Jika sudah muncul seperti diatas, silahkan Anda masukan perintah “systeminfo” kemudian enter. Nanti hasilnya akan seperti dibawah ini, jika Anda membutuhkan data yang lebih lengkap bisa scroll kebawah saja karena ada banyak sekali informasi yang ditampilkan.

Baca Juga :Ketahui Fungsi dan Komponen Pada Komputer

4. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Nah yang keempat menggunakan DirectX Diagnostic Tool atau dxdiag. Silahkan Anda pergi ke Search Box Windows, kemudian tuliskan kata “dxdiag” kemudian tekan enter. Tunggu prosesnya sampai muncul pop-up DirectX Diagnostic Tool.

Data yang ditampilkan pada dxdiag berupa System, Display, Sound dan Input. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

5. Intsall CPU-Z

Nah cara yang terakhir adalah dengan menggunakan CPU-Z. Untuk bisa menggunakan software cek spesifikasi komputer, Anda perlu download terlebih dulu kemudian melakukan install, karena software ini tidak tersedia dalam sistem operasi windows.

Silahkan download software CPU-Z terlebih dahulu, silahkan klik link berikut untuk melakukan Download CPU-Z, pilih tombol “Download Now!” warna ungu dan tunggu hingga proses download selesai. Kemudian silahkan install software CPU-Z nya sekalian sampai selesai. Jika sudah silahkan Anda cari shortcut software CPU-Z pada desktop, kemudian silahkan buka dan tunggu prosesnya hingga selesai.