Cara Merawat Tanaman Strawberry dengan Benar

Cara Merawat Tanaman Strawberry dengan Benar – Saat ini sudah semakin banyak orang yang bercocok tanam dan juga ingin menghasilkan banyak perkebunan yang sehat. Salah satu tanaman yang mudah untuk di rawat adalah strowberry. Buah stroberi selalu jadi daya tarik yang disukai oleh banyak orang, karena punya cita rasa yang manis dan asam, serta tekstur empuk berongga dan berair yang menambah kesan menarik saat dimakan.

Tanaman Tradisional Jepang yang Penuh Nuansa Ketenangan

1. Perhatikan media tanam
Agar tanaman stroberi dapat berbuah lebat, yang harus diperhatikan pertama kali, yakni media tanam yang akan dipakai untuk tanaman plantsĀ  ini bertumbuh dengan subur.

Tanam strawberry di tanah yang gembur, selain itu, kamu tidak perlu khawatir tanaman ini memakan banyak tempat, karena bisa pakai polybag sebagai alternatif tempat menyimpan tanaman ini.

2. Siram tanaman secara rutin
Sebagai tanaman yang harus dijaga kelembapannya agar tumbuh dengan sehat, buah yang punya bentuk unik ini, perlu dilakukan penyiraman secara rutin supaya tidak kering dan mati.

Siramlah tanaman ini selama dua kali sehari, saat pagi dan sore hari, sebaiknya disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung saat kamu sedang menanam strawberry ini.

3. Beri pupuk dan nutrisi yang tepat
Pupuk menjadi salah satu faktor yang menentukan untuk keberhasilan dalam menanam strawberry, jenis pupuk untuk tanaman ini cukup mudah didapatkan, lho.

Kamu bisa memakai pupuk organik dan anorganik yang punya kandungan nitrogen, phospor, dan kalium, pupuk NPK ini bisa didapatkan dengan mudah di toko sekitar tempat tinggal kamu, dan diberikan sekitar sebulan dari waktu penanaman bibit pertama.

4. Lakukan pemangkasan
Tanaman strawberry ternyata tidak bisa dibiarkan tumbuh begitu saja, tanpa di pruning, karena akan lebih baik dipangkas supaya saat ada daun yang terkena penyakit, bisa dihilangkan dan tidak mengganggu proses tumbuhnya tanaman ini.

Selain itu, pemangkasan dilakukan untuk membuat tanaman ini, tidak terlalu rimbun dan hasil buah strawberry jadi lebih berkualitas sesuai dengan yang diharapkan saat menanam stroberi ini.

5. Jaga dari hama dan penyakit
Menanam stroberi sejatinya sama dengan tanaman lain, yang bisa terkena hama atau terinfeksi penyakit, hal itu bisa menyebabkan tanaman salah satu jenis beri-berian ini jadi tidak tumbuh bahkan mati.

Untuk menghindari tanaman terkena hama atau penyakit kamu bisa menggunakan insektisida agar terhindar dari hama serangga, dan memakai akarisida supaya tidak terkena hama kutu yang biasa menyerang tanaman stroberi.